Senin, 12 September 2016

Menurunkan kolesterol dengan cara alami

Menurunkan kolesterol dengan cara alami

Masih mengkonsumsi obat untuk menurunkan kolesterol tinggi?
Mungkin sebagian orang masih memilih obat kimia, karena selain mudah di dapat, reaksinya pun cepat, tapi banyak yang belum sadar bahwa obat kimia juga memiliki dampak yang buruk untuk kesehatan kita, tujuan meminum obat ingin sembuh dari sakit tapi malah terancam penyakit yang lainnya. haduhhhh
Anda dapat berupaya untuk menurunkan kolesterol dengan cara yang alami yaitu mengonsumsi kacang-kacangan, buah, dan sayur penurun kolesterol. Tentu saja dengan porsi secukupnya saja. Dan inilah yang disarankan untuk dikonsumsi sebagai penurun kolesterol:
Terong 
Siapa yang tidak kenal dengan sayuran terong? 
Sayuran ini mudah didapatkan di pasaran, dan harganya pun murah. 
Terong pada umumnya bersifat rendah kalori. Selain itu, terong termasuk jenis sumber serat mudah larut yang dapat membantu menurunkan LDL. 
Kedelai
Jenis kacang-kacangan yang satu ini bebas kolesterol, kaya akan serat, dan rendah lemak jenuh. 
Inilah satu-satunya jenis kacang-kacangan yang memiliki protein nabati lengkap, setara dengan daging. 
Di Indonesia memiliki keragaman olahan kaceng kedelai seperti, tempe, tahu, oncom, tauco, SULE(susu kedelai) dan masih banyak lagi, semua lapisan masyarakat dapat mengkonsumsinya setiap hari, karena enak, murah dan mudah didapat. 
Apel
Apel menjadi buah yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol karena mengandung pektin, yaitu serat larut yang bersifat menurunkan LDL.
Oleh karena itu, makan satu atau dua buah apel per hari yang tidak dikupas kulitnya dapat memperlambat oksidasi LDL. 
Kenapa tidak dikupas kulitnya? 
karena kandungan polifenol atau antioksidan yang tinggi terdapat pada bagian kulit apel.
Tomat
Likopen adalah zat yang memberi warna merah pada tomat, selain dikenal membantu melawan kanker juga dapat membantu menurunkan kolesterol. 
Mengonsumsi likopen tiap hari sebanyak 25 mg dikatakan dapat membantu menurunkan LDL (kolesterol jahat) sebanyak 10 persen. Atau sama halnya dengan mengkonsumsi 3 buah tomat, cara pengkonsumsianya dapat disesuaikan dengan selera.
Tambahkan sedikit minyak pada proses memasak tomat untuk mempermudah penyerapan likopen oleh tubuh.

Selain mengonsumsi makanan penurun kolesterol, lebih disarankan lagi untuk dikombinasikan dengan pola makan dan gaya hidup sehat. Agar Anda tetap sehat dan terhindar dari ancaman serangan jantung dan stroke di masa depan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Menurunkan kolesterol dengan cara alami

0 komentar:

Posting Komentar