Selasa, 20 September 2016

Membuat Prabotan Rumah Dari Barang-Barang Bekas, caranya sangat simple loh..!

Membuat Prabotan Rumah Dari Barang-Barang Bekas
Semakin tahun harga harga semakin meroket, termasuk prabotan rumah tangga haduhhhhh....

Mau gak mau ya tetep harus beli karena kebutuhan, imbasnya pengeluaran semakin membengkak sementara penghasilan tetap aja segitu-gitu doang..

Gimana dong biar tetep bisa nabung, tanpa memperdulikan harga yang meroket.

Caranya kita harus lebih kreatif dan peka terhadap lingkungan, menyulap barang barang yang sudah tidak terpakai menjadi lebih bernilai. dan tentunya limititedition karena hanya kita yang memproduksi.

Dan kamu juga bisa memasarkan jika banyak peminat barang-barang kreasi mu.

1. Meja kaca dari koran

Siapa ni yang hobi berlangganan koran?
setelah di baca koran-koran yang sudah numpuk dikemanakan?

paling kalo di kiloin di pasar loak 1 Kg hanya di hargai Rp.1500, kalo kamu kreatif pasti harganya semakin berlipat-lipat seperti di gambar meja kaca dari koran di hargai Rp.200.000 Waww....

Alat yang perlu di siapkan adalah:
  • Kaca Tebal 1 meter harga Rp. 22.000 untuk membuat kaca bulat kalian bisa minta kepada penjualnya untuk langsung di bentuk bulat.
  • Koran sebanyak 3 Kg
  • Lem kayu untuk menempelkan koran satu dengan yang lainya.
  • Karet perekat kaca.
Langkah langkah:
  • Gulung koran kemudian lem dengan lem kayu pada bagian ujung, agar koran tetap pada bentuknya. lakukan terus menerus hingga cukup. karena lebih banyak koran akan lebih kuat.

  • Susun gulungan koran tersebut hingga terbentuk seperti gambar, gunakan juga lem kayu pada penyatuan koran.

  • Tempelkan karet perekat kaca dengan lem kayu pada sisi atas koran agar kaca tetap rekat dan tidak mudah tergeser.


2. Keranjang sampah dari tutup botol
Tutup botol bagi kebanyakan orang di anggap sebagai barang yang sepele, iya kan?
tadinya saya juga sempat berfikir begitu hehe

Kalo kamu hobi minum minuman botol jangan di buang dulu ya botol dan tutupnya keduanya masih bisa di rubah menjadi barang kebutuhan mu, untuk pengolahan botol bisa dilihat di Kreasi cantik botol bekas

Dan ini dia cara membuat keranjang sampah dari tutup botol, cek di gambar ya.
oiya..sebelum tutup botol dikaitkan dengan tutup botol yang lain beri lubang pada sisi kanan dan kiri tutup botol lalu kaitkan dengan pengait. 

Pada gambar menggunakan pengait pelastik. 

Setelah terbentuk lingkaran seperti pada gambar, beri lem pada sisi bawah rangkaian tutup botol.

Kemudian rekatkan dengan rangkaian tutup botol yang lain sampai membentuk keranjang sampah ;)


3. Jam dinding majalah
Jam dinding di rumah kamu polos? pasti bosen liatnya, iya kan?

Biar tampilan jam dinding lebih penuh warna yuk kreasikan menggunakan Majalah bekas.....

Yang harus disiapkan:
  • Jam dinding polos
  • Majalah
  • Lem tembak 
  • Gunting
Caranya:
  • Gulung kertas majalah kemudian rekatkan pada bagian ujung kertas dengan lem.
  • Potong gulungan majalah sesuai tebal jam dinding. 
  • Rekatkan potongan gulungan majalah pada jam dinding menggunakan lem tembak. 


4. Tempat pensil

Punya buku cetak yang udah nggak kepake?
Yang udah nggak kepake loh yaaa, hehe

Bisa nih dibuat kayak digambar :


  • Pada buku cetak dibagi menjadi 5 bagian dengan tebal yang sama.
  • Gulung kearah kiri untuk membentuk bulatan.
  • Gunakan solasi transparan sebagai perekat.
  • Bentuk pola pada kardus, sebagai alas tempat pensil
  • Rekatkan dengan lem tembak 

 5. Rak buku

Di liat-liat keren juga kan?
Rak buku dari tangga membuat suasana kamar kamu makin lebih unik minimalis dan gak ribet.

Caranya sangat mudah buangeeet nget ngettt.......hehe



  • Gunakan tangga yang sudah tidak terpakai tapi yang masih kokoh ya, bayangkan saja jika kita menggunakan tangga yang reot :D

  • Gunakan penyangga besi pada bagian bawah tangga, bagian atas dekat dengan kaki tangga. agar tangga tidak bergeser.

  • Letakkan buku-buku pada perpustakaan mini mu hehee


simple bangetkan, gak perlu keluar duit banyak untuk punya rak buku, tangga yang sudah tidak terpakaipun bisa jadi rak minimalis ...



6. Keranjang baju dari koran

Coba liat geh di gambar, pasti gak nyangka ya kalo keranjang itu terbuat dari majalah dan koran bekas. :D

Kita coba dari yang mudah dulu ya, sisi kanan gambar.


Siapkan :


  • kertas majalah atau bisa juga koran, 
  • Balon udara.
  • Lem tembak
Caranya:


  • Gulung majalah tipis jangan terlalu tebal agar mudah membulatkan

  • Gunakan balon udara sebagai pembentuk keranjang Pada gambar sebelah kiri  menggunakan ember.

  • Kaitkan bulatan majalah satu dengan yang lainnya hingga membentuk setengah bulatan, saat menempel bulatan majalah harus lebih berhati hati karena lem tembak panas, gunakan sedikit demi sedikit agar tidak terkena kulit dan balon.

  • Apabila sudah membentuk keranjang maka balon udara bisa di keluarkan ataupun di pecahkan dengan jarum.

  • Pada bagian bawah beri penyangga dari kayu berbentuk persegi empat, agar keranjang tetap pada posisinya.


 7. Tempat lilin dari kaleng susu

Kalian hobi minum susu kaleng?
Terus kalengnya dikemanain? pasti dibuang yaaa...

Stoppp numpuk sampah, karena kaleng susu bekas juga masih bisa di kreasikan sesuai imagenasi mu. Dan salah satunya menjadi tempat lilin dan ini dia caranya:


Siapkan :


  • kaleng bekas
  • cat besi
  • Pisau 
Caranya :
  • Buka sisi badan kaleng menggunakan pisau
  • Tarik ke bagian luar
  • Agar tampilan lebih cantik beri cat pada kaleng
Cara menanggulangi sampah terbaik adalah dengan cara merubahnya menjadi barang barang yang lebih bernilai, mulai sekarang tanamkan untuk mencintai lingkungan salah satunya berperan aktif menumbuhkan ide ide kreatif pada pengolahan sampah...
semoga bermanfaat :)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Membuat Prabotan Rumah Dari Barang-Barang Bekas, caranya sangat simple loh..!

0 komentar:

Posting Komentar